Kolostrum adalah makanan terpenting yang dapat diterima anak dari induknya pada mamalia. Karena berbagai manfaat kolostrum bagi kesehatan, banyak orang yang menggunakannya secara rutin. Kolostrum sapi adalah pengganti yang ideal untuk kolostrum manusia karena tidak spesifik spesies.

Meskipun tidak ada efek samping yang jelas dari konsumsi kolostrum, beberapa orang mungkin mengalami efek samping ringan tergantung pada sifat tubuh mereka dan jumlah asupan kolostrum. Biasanya, saat Anda mengonsumsi kolostrum, berbagai racun dikeluarkan dari tubuh Anda. Ketika ini terjadi, Anda mungkin mengalami gejala seperti flu. Tapi ini hanya sementara dan akan mereda karena racun benar-benar dikeluarkan dari tubuh Anda.

Efek samping seperti rasa tidak nyaman pada perut dan/atau diare juga dapat terjadi bila konsumsi kolostrum terlalu tinggi dan terlalu cepat. Dalam istilah medis yang ketat, ketidaknyamanan perut dan/atau diare bukanlah efek samping tetapi proses di mana tubuh membuang racun yang terkumpul selama sakit. Bagaimanapun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi kolostrum secara teratur. Jika Anda alergi terhadap susu dan produk susu, Anda mungkin mengalami sakit kepala, nyeri otot, atau gangguan perut.

Jika Anda menderita penyakit hipertiroid, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Meskipun tidak ada bukti substansial mengenai efek kolostrum pada pasien yang menderita penyakit hipertiroid, pada beberapa pasien penyakitnya memburuk setelah konsumsi secara teratur.

Juga, jika Anda mengalami cedera atau luka, mungkin ada rasa sakit yang meningkat di area ini saat luka sedang dalam proses penyembuhan. Dalam keadaan ini, adalah bijaksana untuk menurunkan konsumsi kolostrum sampai rasa sakit mereda.

Tidak ada efek samping kolostrum yang terbukti. Gejala yang disebutkan di atas bersifat sementara dan jarang terjadi. Namun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang menjalani pengobatan, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi kolostrum.

Kolostrum [nadivit.com] memberikan informasi rinci tentang kolostrum, manfaat kolostrum, susu kolostrum, kolostrum dan kehamilan dan banyak lagi. Kolostrum adalah situs saudara dari Manfaat Progesteron [nadivit.com].


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *