Penyakit syaraf kejepit atau yang istilahnya juga dikenal dengan Hernia Nucleus Pulposus disingkat dengan HNP merupakan suatu gangguan yang melibatkan ruptur annulus fibrosus sehingga nukleus pulposis menonjol (bulging) dan menekan kearah kanalis spinalis.

Penyakit ini biasanya banyak dialami oleh pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk bekerja. Dan banyak dialami juga oleh pekerja berat yang mengangkut beban berat. Gejala yang dialami dari sakit pinggang, sakit kaki, ataupun nyeri leher yang mana bisa dimulai dengan gejala ringan sayangnya sering diabaikan sampai akhirnya terasa mengganggu, akut bahkan menjadi kelumpuhan.

Penyakit HNP mayoritas menyerang pada usia produktif yakni antara rentang usia 35-55 tahun. Dan pada usia ini, paradigma yang terbentuk di masyarakat bila terdiagnosa HNP adalah keharusan melakukan operasi untuk menyembuhkannya. Padahal jika HNP di ketahui sejak dini, maka hanya diperlukan dengan melakukan istirahat, fisioterapi dan konsumsi obat yang telah dianjurkan oleh para ahli syaraf maka rasa sakit akan segera reda dan tindakan operasi tidak akan diperlukan lagi.

Tetapi kita semua tau ‘mencegah lebih baik daripada mengobati’, bukan? Jadi lebih baik bagi kita untuk mencegahnya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit HNP ini antara lain:

  • Aktivitas mengangkat benda yang cukup berat dengan posisi awalan yang salah seperti menggunakan posisi membungkuk sebagai awalan untuk mengangkat benda yang cukup berat dapat menyebabkan penyakit HNP. Jadi untuk mencegah hal ini hindari kegiatan berulang yang dapat membuat tulang belakang mengalami trauma dan menimbulkan rasa nyeri.
  • Kebiasaan sikap duduk yang salah dalam rentang waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan penyakit HNP. Hal ini bisa disebabkan karena profesi yang dijalani membutuhkan waktu yang lama dalam posisi duduk yang kurang nyaman untuk tulang belakang seperti membungkuk. Jadi untuk pencegahannya, jika aktivitas yang dilakukan adalah duduk dalam waktu yang cukup lama, maka duduklah dalam posisi yang benar dan sesekali lakukan peregangan sehingga tulang belakang kembali pada posisi yang baik.
  • Melakukan gerakan yang salah baik secara sengaja ataupun tidak yang menyebabkan tulang punggung mengalami penyempitan kebagian tulang bawah seperti mengalami trauma karena kecelakaan dengan posisi akhir dalam keadaan duduk atau membungkuk dapat menyebabkan penyakit HNP. Jadi untuk menghindari hal ini, senantiasa lakukan olah raga serta mengkonsumsi obat yang dianjurkan dokter atau ahli syaraf (bila diperlukan) untuk kelenturan dan kekuatan otot tulang belakang.
  • Kelebihan berat badan (obesitas) juga dapat meningkatkan resiko penyakit HNP, sehingga untuk menghindari hal ini jagalah berat badan agar tidak mengalami obesitas.

Nah, dari tips-tips di atas semoga kita bisa mencegah HNP ini dari tubuh kita ya. Sekian, semoga bermanfaat.

Categories: Artikel

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wa