Penyakit syaraf kejepit atau yang istilahnya juga dikenal dengan Hernia Nucleus Pulposus disingkat dengan HNP, adalah protrusi atau penonjolan dari sebuah organ atau jaringan melalui lubang yang abnormal. Nukleus pulposus adalah massa setengah cair yang terbuat dari serat elastis putih yang membentuk bagian tengah dari diskus intervertebralis. Hernia Nukleus Pulposus (HNP) merupakan suatu gangguan yang melibatkan ruptur annulus fibrosus sehingga nukleus pulposis menonjol (bulging) dan menekan kearah kanalis spinalis.

Penyakit ini biasanya banyak dialami oleh pekerja kantoran yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk juga banyak dialami pekerja yang banyak melakukan pekerjaan mengangkut beban berat. Gejala yang dialami dari sakit pinggang, sakit kaki, ataupun nyeri leher yang dimulai dengan gejala ringan sayangnya sering diabaikan sampai akhirnya terasa mengganggu, akut bahkan menjadi lumpuh.

Adapun faktor yang dapat mendukung terjadinya saraf terjepit itu diantaranya:

  • Trauma / Cedera pada pinggang atau tulang belakang misalnya dengan jatuh terduduk sehingga bisa menyebabkan pecahnya Nucleus Pulposus dan akhirnya mengalami Hernia Nucleus Pulposus. Biasanya hal ini sering terjadi pada pekerja yang melakukan pekerjaan mengangkut beban yang berat.
  • Kebiasaan Postur Tubuh tidak benar kurun waktu lama akan menyebabkan pendistribusian tekanan tulang belakang tidak merata, yang mana akhirnya membuat bantalan ruas tulang belakang bulging sd pecah (leher, lumbal). Biasanya hal ini sering terjadi pada pekerja kantoran yang bekerja dengan kondisi duduk dalam waktu yang lama.
  • Penyakit Degenerasi Disc (Degenerative Disc Disease, DDD) bantalan ruas tulang belakang atau Disc alami degenerasi yaitu keadaan dimana lemahnya kekuatan menahan dari ruas tulang belakang secara merata (genetik dalam keluarga).
  • Nutrisi yang buruk pada Disc struktur tulang belakang itu pembuluh darahnya tidak ada yang memberikan asupan langsung pada Disc sd ke Nucleus Pulposus. Melakukan diet, konsumsi gizi yg buruk, konsumsi alkohol, rokok, kurang minum air, serta kurangnya gerakan ringan sekitar ruas tulang belakang bisa mempersulit jalannya nutrisi ke Disc hingga ke Nucleus Pulposus. Sehingga hal ini bisa membuka jalan terjadinya penyakit HNP ini.
  • Faktor Keturunan baik itu dari struktur kerangka, peredaran darah, maupun metabolisme Disc. Hal ini sulit bisa dihindari karena memang sudah ada kelainan dalam sistem kerangka, darah dan metabolisme seseorang itu sendiri.

Penyakit syaraf kejepit atau istilahnya Hernia Nucleus Pulposus ini merupakan penyakit yang tidak bisa semata-mata kita remehkan. Bukan hanya karena nyerinya yang bisa menganggu aktivitas kita ataupun bahkan karena sakitnya yang akut, tetapi penyakit ini juga bisa menyebabkan kelumpuhan jika tidak ditangani dengan tepat.

Semoga dari paparan sebelumnya tentang faktor yang menyebabkan terjadinya HNP ini bisa menjadi pelajaran untuk mencegah kita dari penyakit ini. Sekian, semoga bermanfaat.

Categories: Artikel

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
copy konten melanggar hak cipta
wa