Apakah kamu pernah merasakan nyeri yang mengganggu pada bagian tulang belakang, seperti bagian pinggul, punggung, ataupun leher? Banyak orang pernah merasakan hal ini dan berusaha menghilangkannya dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas.

Menurut ahli bedah saraf OMNI Hospital Pulomas dr. Zainy Hamzah, Sp. BS, pada taraf tertentu, minum obat memang bisa menjadi solusi penghilang rasa sakit atau peradangan yang terjadi. Namun jika rasa sakitnya dirasakan sedemikian hebat dan terjadi berulang, berarti ada masalah yang lebih serius dan tidak cukup hanya diatasi dengan obat pereda rasa nyeri biasa yang dijual bebas.

Nah bisa saja nyeri di bagian tulang belakang tersebut merupakan indikasi penyakit serius seperti saraf kejepit atau Hernia Nucleus Pulposus (HNP).

Lalu apa dan gejala dari HNP itu?

Pengertian

Nyeri tulang belakang merupakan rasa sakit yang terjadi di sepanjang bagian tulang belakang, yaitu mulai dari bawah leher sampai tulang ekor. Kebanyakan kondisi yang terjadi adalah karena adanya tekanan pada saraf tulang belakang. Hal itu bisa disebabkan oleh kelainan bentuk tulang belakang, adanya massa atau tumor, trauma, atau penyakit degenerative (penuaan).

Gejala

Keluhan nyeri tulang belakang yang biasa dikenal dengan saraf kejepit disebabkan oleh menyempitnya ruang atau rongga yang dilalui saraf atau sekelompok saraf.

Penuaan jaringan di daerah tulang belakang dapat berupa penuaan bantalan antar ruas tulang belakang yang menyebabkan penonjolan pada ruas tulang belakang atau HNP (Hernia Nucleus Pulposus). HNP merupakan penyakit degenerasi pada daerah tulang belakang yang menjadi awal dari proses penyempitan saraf tulang belakang.

Nyeri tulang belakang memang bukan penyakit yang mudah mengancam jiwa kita langsung secara seketika. Akan tetapi penyakit ini bisa sangat mengganggu kenyamanan seseorang. Sehingga sebaiknya tidak mendiamkan gejala nyeri yang muncul karena bisa saja dikemudian hari akan menjadi semakin akut parah.

Gejala HNP yang terjadi pada ruas leher akan menimbulkan rasa nyeri (pegal) di leher lalu ke bahu dan menjalar ke lengan. Bisa juga timbul rasa kesemutan atau kebas hingga ke lengan. HNP yang berat bisa berakibat mengecilnya otot-otot yang dipersarafi maka otomatis daya akan melemah. Sementara HNP pada ruas pinggul akan menyebabkan rasa nyeri pada pinggang yang menyebar sampai betis dan bisa menyebabkan melemahnya kedua kaki seperti lumpuh.

Nah dari paparan diatas kita sudah mengetahui apa saraf kejepit atau HNP yang sering kali awalnya diindikasikan dengan nyeri tulang belakang biasa. Padahal bisa saja nyeri tulang belakang tersebut menjadi semakin parah bahkan akhirnya bisa menyebabkan kelumpuhan.

Jadi nyeri pada tulang belakang tidak boleh kita abaikan begitu saja ya, jika nyeri yang dirasakan semakin lama semakin hebat sebaiknya periksakan pada dokter ahli saraf. Sekian, semoga bermanfaat.


0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
wa